RPP BERDIFERENSIASI DAN KSE
RPP BERDIFFERENSIASI DAN KOMPETENSI
SOSIAL EMOSIONAL
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 7
Lhoksukon
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Materi Pokok : Teks
Descriptive
Kelas/Semester : VII/ Genap Sub Materi Pokok : Family
Members
Tahun Pelajaran : 2020/2021 Alokasi Waktu : 2x30 Menit
KOMPETENSI DASAR
3.7. Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks
deskriptif lisan
dan tulis dengan
memberi
dan meminta informasi terkait
dengan Orang, benda dan binatang.
4.7.1 Menangkap
makna secara kontekstual terkait
fungsi
sosial, struktur
teks, dan
unsur kebahasaan
teks deskriptif lisan dan
tulis, sangat
pendek
dan sederhana, terkait
orang, binatang, dan benda
4.7.2 Menyusun teks
deskriptif lisan dan
tulis sangat pendek dan
sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan
fungsi sosial,
struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Secara mandiri murid mempraktikkan
kosa kata anggota Keluarga dan menuliskannya dengan kata yang benar
2.
Secara berkolaborasi, murid dapat menjodohkan kosa
kata dengan tepat
3.
Dalam kelompok membuat proyek
kecil: dengan bantuan Struktur Family tree, murid mendeskripsikan tentang
anggota
keluarganya dengan penuh tanggung jawab.
A.
Sumber Belajar
1.
Buku
Siswa “Bright”
2.
Links
B.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN |
DESKRIPSI
KEGIATAN |
Pendahuluan |
Ø Guru memulai kegiatan dengan
Budaya Positif “bersyukur” dengan
berdoa Ø Guru mengecek kehadiran Ø Guru meminta siswa untuk
tetap menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol Covid 9 meskipun
pembelajaran luring Ø Guru
menyampaikan kesepakatan kelas Ø Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengaitkan materi pelajaran sebelumnya our hobby Pembelajaran
Sosial Emosional dengan kesadaran penuh Ø
Guru
Meminta siswa melakukan Teknik STOP sebelum memulai pembelajaran dengan cara
: o
Duduk
dengan santai o
Letakkan
1 tangan di perut dan 1 tangan lagi dada o
Tarik
nafas perlahan dari hidung rasakan udara yang masuk di tubuh o
Hembuskan
udara dan rasakan Gerakan Gerakan perut o
Nikmati
apa yang dirasakan Pembelajaran Sosial emosional
dengan pengeloaan fokus Ø
Guru
meminta murid untuk menyebutkan warna pada tulisan yang disediakan Ø
Guru
meminta siswa untuk menyebutkan nama buah dari huruf yang disebutkan murid |
Kegiatan Inti |
Dalam
pembelajaran diferensiasi, murid dikelompokkan dalam kelompok heterogen yang
terdiri dari murid audiotory, visual dan kinetetik Stimulus Guru memberikan gambar family tree,
siswa diminta mengamati susunan anggota keluarga dan menemukan kosa kata
berhubungan anggota keluarga Identifikasi
masalah Guru
membagikan kosa kata yang merupakan members of family Guru
memperdengarkan pronuntiation kosa kata yang diberikan Guru
meminta siswa melafalkan kata yang didengar Pengumpulan
dan pengolahan data Siswa
diminta murid menjodohkan makna kosa kata sesuai dengan gambar Guru
meminta siswa mengelompokkan kosa kata sesuai dengan gendernya Pembuktian Siswa diminta mengisi table yang
tersedia dengan kosa kata yang telah dilafalkan dan menemukan makna kosa kata
dengan tepat Menarik
simpulan Siswa
diminta memajangkannya didinding kelas. Menyimpulkan hasil kolaborasinya
didepan kelas. |
Kegiatan Penutup |
● Guru memberikan umpan balik kepada murid dengan bertanya Hal hal yang berhubungan dengan
materi yang dipelajari ·
Guru
merefleksi kesulitan dan pemahaman siswa tentang materi yang dipelajari,
dengan menuliskan perasaan dan juga harapan murid pada pembelajaran yang akan
datang. ● Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin
(salam, terimakasih, doa, dsb). |
Kompetensi Sosial Emosional
KOMPETENSI
SOSIAL DAN EMOSIONAL |
TEKNIK |
YANG DILAKUKAN GURU |
YANG DIKATAKAN PD MURID |
TUJUAN |
Kesadaran penuh |
STOP |
Ø Guru Meminta siswa melakukan Teknik STOP sebelum
memulai pembelajaran dengan cara : o
Duduk dengan santai o
Letakkan 1 tangan di perut dan 1 tangan lagi dada o
Tarik nafas perlahan dari hidung rasakan udara yang
masuk di tubuh o
Hembuskan udara dan rasakan Gerakan Gerakan perut o
Nikmati apa yang dirasakan |
Coba lakukan Apa yang ibu katakana o Duduk dengan santai o Letakkan 1
tangan di perut dan 1 tangan lagi dada o Tarik nafas
perlahan dari hidung rasakan udara yang masuk di tubuh o Hembuskan
udara dan rasakan Gerakan Gerakan perut o Nikmati apa
yang dirasakan |
Agar lebih meningkatkan konsentrasi dalam belajar |
Pengelolaan Fokus |
Mengamati warna-warna |
Guru meminta siswa menyebutkan warna pada kata yang
telah disediakan |
Coba sebutkan warna yang ada pada tulisan di depan |
Agar lebih focus sebelum belajar |
|
|
|
|
|
Skenario/Contoh kasus :
1. Terdapat
siswa yang sibuk melakukan aktifitasnya sendiri meskipun pembelajaran sudah
dimulai
2. Beberapa
siswa kesulitan dalam belajar dalam memahami teks yang diberikan, siswa yang
telah selesai mengerjakan tugasnya mencoba berbagi pengetahuan dengan meeka dan
membantu mereka mengerjakan tugas tugas yang diberikan
3. Seorang
murid yang telah kehilangan anggota keluarganya dan terlihat kurang gembira
dalam mengikuti pelajaran penayangan ceriata sebuah keluarga. Ia meluahkan
perasaannya saat kehilangan salah satu anggota keluarganya.
PEMBELAJARAN
BERDIFERENSIASI
PEMBELAJARAN
BERDIFERENSIASI |
PEMETAAN KESIAPAN MENURUT GAYA BELAJAR |
||
AUDIOTORY |
VISUAL |
KINESTETIK |
|
Proses |
Guru membantu siswa yang mengalami kekurangan dalam
melafalkan kosa kata dengan memperdengarkan audio cara baca yang benar Kosa
kata dengan pelafalan cara baca |
Menyajikan
ide melalui sarana pendengaran dan visual berupa gambar yang berhungunan dengan anggota
keluarga; |
Memanfaatkan
teman dalam membaca, diberikan
kosa kata |
Konten |
Kosa kata
dengan pelafalan cara baca |
Teks dengan
menampilkan gambar yang menarik |
Flashcard kosa
kata |
Produk |
lmemberikan kosa kata berhubungan dengan anggota
keluarga dan memintanya melafalkan dengan benar |
Memberikan gambar tentang anggota keluarga dan
menuliskan kosa kata di balik gambar tersebut |
Flashcad anggota keluarga, Menjodohkan kosa kata
dengan gambar yang sesuai |
Pemetaan Kebutuhan Belajar
Berdasarkan Gaya Belajar
Profil Belajar |
Audiotory |
Visual |
Kinestetik |
Nama murid |
|
|
|
Proses |
Menggunakan
daftar ejaan atau kosakata |
Menyajikan
ide melalui sarana pendengaran dan visual; |
Memanfaatkan
teman dalam membaca |
Konten |
Kosa kata
dengan pelafalan secara baca |
Teks dengan menampilkan gambar yang menarik |
Flash card kosa
kata |
Produk |
Memberikan kosa kata berhubungan dengan anggota
keluarga dan memintanya melafalkan dengan benar |
Memberikan gambar tentang anggota keluarga dan
menuliskan kosa kata di balik gambar tersebut |
Menyusun family tree |
Dalam contoh di atas, guru
mendiferensiasi pembelajaran dengan mempertimbangkan perbedaan Gaya Belajar |
C.
Penilaian
Sikap : Observasi
terhadap komitmen murid dalam melakukan pembelajaran
Pengetahuan : Membandingkan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan
teks deskriptif lisan dan
tulis
berkaitan dengan orang (members of Family)
Ketrampilan :
Mendemonstrasikan ketrampilan menyusun
Kalimat sesuai dengan
bagan family tree yang dibuat bersama dalam
kelompok
D.
Strategi dan alat penilaian
Strategi :
Observasi/tes
Mengetahui, Lhoksukon,
16 Maret 2021
Kepala Sekolah, Calon
Guru Penggerak
Samsul
Bahri, S.Pd Tengku
Dian Efa Safitri, S.Pd
NIP. 19680617
199903 1 004 Nopes 201501293148
Lampiran:
1.
Penilaian Sikap
LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN ASPEK SIKAP
Mata pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas :
VII
Semester :
Genap
Topic :
Family Tree
Tanggal :
NO |
NAMA |
Bertanggung jawab |
Percaya diri |
Partisipatif |
Rerata Skor (n:8) |
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Kompetensi
Pengetahuan
Instrument Penilaian : Terlampir
Bentuk Soal : Menjodohkan
Jumlah Soal : 10
Indikator Soal Kompetensi Pengetahuan
1. Murid dapat menjodohkan
kata yang depat
2. Menemukan arti
dari kosa kata
3. Murid
dapat membedakan genre dari anggota keluarga
NO |
Nama |
Nomor Soal/ Jabawan |
Jumlah Benar |
Nilai |
Ket |
|||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
|
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
1. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Media
Untuk Audiotory
Media Untuk Visual
Media Untuk Kinestetik
Reading passage “ My
Family”
3.
Penilaian Ketrampilan
RUBRIK
PENILAIAN KETRAMPILAN WRITING
Mata pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas :
VII
Semester :
Genap
Topic :
Family Tree
Tanggal :
Indikator Soal Kompetensi Keterampilan :
a. Murid
memnggambarkan anggota keluarganya dalam bagan”
NO |
NAMA |
Kerapian (25) |
Accuracy (20) |
Pilihan
Kata (30) |
Stuktur teks (25) |
Total |
1. |
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
A.
Observe and read!
|
|||||||
1 |
Tujuan
Pembelajaran KD 4.7.1 |
|
|||||
2 |
Secara
berkolaborasi, murid dapat menjodohkan makna kosa kata dan mengelompokkanya
dengan tepat |
||||||
3 |
|||||||
4 |
|||||||
5 |
|||||||
Date |
: |
||||||
Class |
: |
|
|||||
|
|||||||
No |
Family Members |
Meaning |
MALE |
FEMALE |
|
||
1 |
|
|
|
|
|
||
2 |
|
|
|
|
|
||
3 |
|
|
|
|
|
||
4 |
|
|
|
|
|
||
5 |
|
|
|
|
|
||
6 |
|
|
|
|
|
||
7 |
|
|
|
|
|
||
8 |
|
|
|
|
|
||
9 |
|
|
|
|
|
||
10 |
|
|
|
|
|
||
11 |
|
|
|
|
|
||
12 |
|
|
|
|
|
||
|
|
Tuliskan
Refleksi tentang proses belajar hari ini
Apa yang kalian Pahami tentang Materi Hari Ini ? Apa
yang kalian rasakan setelah belajar ? Apa
yang Harus kita perbaiki di pembelajaran berikutnya ?
Comments
Post a Comment