RPP BERDIFERENSIASI DAN KSE

 

RPP BERDIFFERENSIASI DAN KOMPETENSI SOSIAL EMOSIONAL

 

Satuan Pendidikan      : SMP  Negeri 7 Lhoksukon

Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris                      Materi Pokok              : Teks Descriptive

Kelas/Semester            : VII/ Genap                            Sub Materi Pokok       : Family Members

Tahun Pelajaran          : 2020/2021                             Alokasi Waktu            : 2x30 Menit

 

 


KOMPETENSI DASAR

3.7.     Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif      lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait dengan Orang, benda dan binatang.

4.7.1  Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda

4.7.2  Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana, terkait orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

 

A.      TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Secara mandiri murid mempraktikkan kosa kata anggota Keluarga dan menuliskannya dengan kata yang benar

2.    Secara berkolaborasi, murid dapat menjodohkan kosa kata dengan tepat

3.    Dalam kelompok membuat proyek kecil: dengan bantuan Struktur Family tree, murid mendeskripsikan tentang anggota keluarganya dengan penuh tanggung jawab.

 

A.      Sumber Belajar

1.       Buku Siswa “Bright”

2.       Links

ü  https://www.english-learn-online.com/vocabulary/family-members/learn-family-members-in-english/#_Listening_test_with_pictures

ü  https://www.english-learn-online.com/vocabulary/family-members/learn-family-members-in-english/#_Picture_vocabulary_of_family_members_with_pronunciations

ü  https://www.english-learn-online.com/vocabulary/family-members/learn-family-members-in-english/#_Spelling_test_about_family_members

 

B.      Kegiatan Pembelajaran

KEGIATAN

DESKRIPSI KEGIATAN

Pendahuluan

Ø  Guru memulai kegiatan dengan Budaya Positif “bersyukur” dengan berdoa

Ø  Guru mengecek kehadiran

Ø  Guru meminta siswa untuk tetap menjaga kesehatan dengan mengikuti protokol Covid 9 meskipun pembelajaran luring

Ø  Guru menyampaikan kesepakatan kelas

Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan mengaitkan materi pelajaran sebelumnya our hobby 

 

Pembelajaran Sosial Emosional dengan kesadaran penuh

Ø  Guru Meminta siswa melakukan Teknik STOP sebelum memulai pembelajaran dengan cara :

o   Duduk dengan santai

o   Letakkan 1 tangan di perut dan 1 tangan lagi dada

o   Tarik nafas perlahan dari hidung rasakan udara yang masuk di tubuh

o   Hembuskan udara dan rasakan Gerakan Gerakan perut

o   Nikmati apa yang dirasakan

Pembelajaran Sosial emosional dengan pengeloaan fokus

Ø  Guru meminta murid untuk menyebutkan warna pada tulisan yang disediakan

Ø  Guru meminta siswa untuk menyebutkan nama buah dari huruf yang disebutkan murid

 

Kegiatan Inti

Dalam pembelajaran diferensiasi, murid dikelompokkan dalam kelompok heterogen yang terdiri dari murid audiotory, visual dan kinetetik

Stimulus

Guru memberikan gambar family tree, siswa diminta mengamati susunan anggota keluarga dan menemukan kosa kata berhubungan anggota keluarga

Identifikasi masalah

Guru membagikan kosa kata yang merupakan members of family

Guru memperdengarkan pronuntiation kosa kata yang diberikan

Guru meminta siswa melafalkan kata yang didengar

Pengumpulan dan pengolahan data

Siswa diminta murid menjodohkan makna kosa kata sesuai dengan gambar

Guru meminta siswa mengelompokkan kosa kata sesuai dengan gendernya

Pembuktian

Siswa diminta mengisi table yang tersedia dengan kosa kata yang telah dilafalkan dan menemukan makna kosa kata dengan tepat

Menarik simpulan

Siswa diminta memajangkannya didinding kelas. Menyimpulkan hasil kolaborasinya didepan kelas.

 

Kegiatan Penutup

     Guru memberikan umpan balik kepada murid dengan bertanya

Hal hal yang berhubungan dengan materi yang dipelajari

·         Guru merefleksi kesulitan dan pemahaman siswa tentang materi yang dipelajari, dengan menuliskan perasaan dan juga harapan murid pada pembelajaran yang akan datang.

     Guru menutup pembelajaran sesuai dengan prosedur rutin (salam, terimakasih, doa, dsb).

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Sosial Emosional

KOMPETENSI SOSIAL DAN EMOSIONAL

TEKNIK

YANG DILAKUKAN GURU

YANG DIKATAKAN PD MURID

TUJUAN

Kesadaran penuh

STOP

Ø  Guru Meminta siswa melakukan Teknik STOP sebelum memulai pembelajaran dengan cara :

o   Duduk dengan santai

o   Letakkan 1 tangan di perut dan 1 tangan lagi dada

o   Tarik nafas perlahan dari hidung rasakan udara yang masuk di tubuh

o   Hembuskan udara dan rasakan Gerakan Gerakan perut

o   Nikmati apa yang dirasakan

Coba lakukan Apa yang ibu katakana

o   Duduk dengan santai

o   Letakkan 1 tangan di perut dan 1 tangan lagi dada

o   Tarik nafas perlahan dari hidung rasakan udara yang masuk di tubuh

o   Hembuskan udara dan rasakan Gerakan Gerakan perut

o   Nikmati apa yang dirasakan

Agar lebih meningkatkan konsentrasi dalam belajar

Pengelolaan Fokus

Mengamati warna-warna

Guru meminta siswa menyebutkan warna pada kata yang telah disediakan

Coba sebutkan warna yang ada pada tulisan di depan

Agar lebih focus sebelum belajar

 

 

 

 

 

Skenario/Contoh kasus :

1.    Terdapat siswa yang sibuk melakukan aktifitasnya sendiri meskipun pembelajaran sudah dimulai

2.    Beberapa siswa kesulitan dalam belajar dalam memahami teks yang diberikan, siswa yang telah selesai mengerjakan tugasnya mencoba berbagi pengetahuan dengan meeka dan membantu mereka mengerjakan tugas tugas yang diberikan

3.    Seorang murid yang telah kehilangan anggota keluarganya dan terlihat kurang gembira dalam mengikuti pelajaran penayangan ceriata sebuah keluarga. Ia meluahkan perasaannya saat kehilangan salah satu anggota keluarganya.

 

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

 

PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

PEMETAAN KESIAPAN MENURUT GAYA BELAJAR

AUDIOTORY

VISUAL

KINESTETIK

Proses

Guru membantu siswa yang mengalami kekurangan dalam melafalkan kosa kata dengan memperdengarkan audio cara baca yang benar Kosa kata dengan pelafalan cara baca

Menyajikan ide melalui sarana pendengaran dan visual berupa gambar yang berhungunan dengan anggota keluarga;

Memanfaatkan teman dalam membaca, diberikan kosa kata

Konten

Kosa kata dengan pelafalan cara baca

Teks dengan menampilkan gambar yang menarik

Flashcard kosa kata

Produk

lmemberikan kosa kata berhubungan dengan anggota keluarga dan memintanya melafalkan dengan benar

Memberikan gambar tentang anggota keluarga dan menuliskan kosa kata di balik gambar tersebut

Flashcad anggota keluarga, Menjodohkan kosa kata dengan gambar yang sesuai

Pemetaan Kebutuhan Belajar Berdasarkan Gaya Belajar

 

Profil Belajar

Audiotory

Visual

Kinestetik

Nama murid

 

 

 

Proses

Menggunakan daftar ejaan atau kosakata

Menyajikan ide melalui sarana pendengaran dan visual;

Memanfaatkan teman dalam membaca

Konten

Kosa kata dengan pelafalan secara baca

Teks dengan menampilkan gambar yang menarik

Flash card kosa kata

Produk

Memberikan kosa kata berhubungan dengan anggota keluarga dan memintanya melafalkan dengan benar

Memberikan gambar tentang anggota keluarga dan menuliskan kosa kata di balik gambar tersebut

Menyusun family tree

Dalam contoh di atas, guru mendiferensiasi pembelajaran dengan mempertimbangkan perbedaan Gaya Belajar

 

C.      Penilaian

Sikap                     : Observasi terhadap komitmen murid dalam melakukan pembelajaran

Pengetahuan          : Membandingkan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan

  teks deskriptif lisan dan tulis berkaitan dengan orang (members of Family)

Ketrampilan          : Mendemonstrasikan ketrampilan menyusun Kalimat sesuai dengan

   bagan family tree yang dibuat bersama dalam kelompok

D.      Strategi dan alat penilaian

            Strategi            : Observasi/tes

 

 

            Mengetahui,                                                                Lhoksukon, 16 Maret 2021

            Kepala Sekolah,                                                          Calon Guru Penggerak

 

 

 

            Samsul Bahri, S.Pd                                                     Tengku Dian Efa Safitri, S.Pd

            NIP. 19680617 199903 1 004                                     Nopes 201501293148

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran:

1.    Penilaian Sikap

LEMBAR OBSERVASI PENILAIAN ASPEK SIKAP

            Mata pelajaran : Bahasa Inggris

            Kelas                           : VII

            Semester                      : Genap

            Topic                           : Family Tree

            Tanggal                       :

 

NO

NAMA

Bertanggung jawab

Percaya diri

Partisipatif

Rerata

Skor

(n:8)

1.

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

2.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan          

Instrument Penilaian    : Terlampir

Bentuk Soal                 : Menjodohkan

Jumlah Soal                 : 10

 

Indikator Soal Kompetensi Pengetahuan

1.      Murid dapat menjodohkan kata yang depat

2.      Menemukan arti dari kosa kata

3.      Murid dapat membedakan genre dari anggota keluarga

 

NO

Nama

Nomor Soal/ Jabawan

Jumlah Benar

Nilai

Ket

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Media Untuk Audiotory

 

 



















 

 

Media  Untuk Visual

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Media  Untuk Kinestetik

 

Reading passage “ My Family”

 

Hello I am Rena. I am from Japan. I live with my family in Tokyo. I have a small family. This is my family photo. This is my father on the right. He is a policeman. He likes playing games with us. And my mother is next to my father. She likes wearing casual clothes. And this is my little brother, Mico. In fact, I have got two brothers but my elder brother is not in the picture. He is abroad. My grandparents live in Osaka. They are very old. We often visit them together with my uncle and his wife, Riko. I love all my relatives.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.    Penilaian Ketrampilan

 

RUBRIK PENILAIAN KETRAMPILAN WRITING

 

Mata pelajaran : Bahasa Inggris

            Kelas                           : VII

            Semester                      : Genap

            Topic                           : Family Tree

            Tanggal                       :

Indikator Soal Kompetensi Keterampilan :

a.       Murid memnggambarkan anggota keluarganya dalam bagan

 

NO

NAMA

Kerapian

(25)

Accuracy

(20)

Pilihan Kata

(30)

Stuktur teks (25)

Total

1.

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

A.    Observe and read!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Members of Groups

 

1

Tujuan Pembelajaran KD 4.7.1

 

2

Secara berkolaborasi, murid dapat menjodohkan makna kosa kata dan mengelompokkanya dengan tepat

3

4

5

Date

:

Class

:

 

 

No

Family Members

Meaning

MALE

FEMALE

 

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

7

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

10

 

 

 

 

 

11

 

 

 

 

 

12

 

 

 

 

 

x 100

Score

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tuliskan Refleksi tentang proses belajar hari ini

Apa yang kalian Pahami tentang Materi Hari Ini ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apa yang kalian rasakan setelah belajar ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Apa yang Harus kita perbaiki di pembelajaran berikutnya ?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments